SELAMAT DATANG DI TORAJA___Partner Bisnis Anda Adalah SKM KAREBA

Minggu, 20 Maret 2011

2011 Torut Dapat Proyek PLTHM

Skm Kareba --- Pemerintah kabupaten Toraja Utara mendapat alokasi proyek pembangkit listrik tenaga micro hidro (PLTMH) dari Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal (KPDT), senilai Rp 1,6 milyar. Proyek tersebut akan ditempatkan di Lembang Kare’ Limbong kecamatan Nanggala.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Toraja Utara, Simon Pongsisonda yang dikonfirmasi akhir pekan lalu, menyatakan awalnya proyek itu direncanakan ditempatkan di Lembang Buntu Karua kecamatan Awan Rantekarua. Namun karena ada perubahan dari departemen sehingga dipindahkan ke Lembang Kare’ Limbong.

”Tahun 2011 ini akan dikerjakan, nilai proyeknya sekitar Rp 1,6 milyar. Awalnya kita rencanakan di Buntu Karua tapi dipindahkan oleh orang departemen ke Kare’ Limbong,” jelas Simon.

Menurutnya, pihak Distamben Toraja Utara hanya mengusulkan proposal ke departemen, sedangkan penentuan lokasi dan alokasi dana dilakukan oleh departemen. ”Kita hanya mendapat laporan saja, pelaksana dan penanggung jawabnya semua dari departemen,” katanya.

Simon mengatakan, PLTMH dan lembang Buntu Karua akan terlaksana pada tahun depan. Meski demikian pihaknya tidak bisa memastikannya, meski tetap optimis pemerintah pusat akan memberikan lagi bantuan PLTMH ke Toraja Utara.

Proyek PLTMH ke Toraja Utara sebenarnya bukan baru pertama kali diperoleh pemerintah kabupaten Toraja Utara. Pada tahun 2010 yang lalu, pemkab Toraja Utara juga mendapat proyek PLTMH yang ditempatkan di lembang Sa’dan Ulusalu kecamatan Sa’dan. Proyek senilai Rp 1,4 milyar ini sudah dinikmati masyarakat setempat.

”Hampir semua kecamatan dan lembang yang belum tersentuh listrik sudah kita ajukan proposalnya ke departemen. Kita tinggal menunggu lembang mana yang terlebih dahulu dilayani,” jelas Simon.

Diakui Simon, sebagai besar lembang di Toraja Utara memang belum menikmati listrik. Hal ini menjadi pekerjaan rumah besar yang akan dituntaskan di tahun-tahun mendatang. (aka)

1 komentar:

  1. Top Hotels in New Orleans, LA | MapyRO
    New Orleans Hotels: 15 광양 출장마사지 Hotels in New Orleans, LA · Hotels near 대구광역 출장마사지 Old 논산 출장마사지 Town Hotel · MGM Grand · Orleans Hotel & Casino 평택 출장마사지 · Harrah's · Atlantic City. 여수 출장마사지

    BalasHapus