SELAMAT DATANG DI TORAJA___Partner Bisnis Anda Adalah SKM KAREBA

Selasa, 15 Maret 2011

Kebutuhan PNS Susah Diprediksi


JUMLAH kebutuhan ideal pegawai negeri sipil (PNS) di sebuah kabupaten ternyata susah diprediksi. Kadang-kadang sebuah daerah kelebihan, namun ada daerah lain yang kekurangan abdi negara.

”Biasanya kita sudah perkirakan kebutuhan pegawai kita sekian, tetapi ada pegawai yang pindah ke luar daerah atau pun masuk dari daerah lain. Ini yang membuat kita susah mengatakan dengan pasti berapa kebutuhan ideal PNS kita,” jelas sekretaris Badan Pegewaian Daerah (BKD) Toraja Utara, Joni Palentek kepada wartawan, baru-baru ini.

Dijelaskan Joni, jumlah total PNS, baik struktural maupun fungsional di Toraja Utara saat ini sebanyak 4.153. Para PNS ini mengabdi di berbagai instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah di Toraja Utara sejak pisah dari kabupaten induk, Tana Toraja.

”Jumlah tenaga fungsional 2.773 orang dan tenaga struktural sebanyak 1.380 orang,” katanya.

Ditanya soal jumlah PNS yang sudah berusia di atas 50 tahun, Joni mengatakan dirinya belum bisa memberikan keterangan soal jumlah yang pasti. Sebab, saat ini pihak BKD Toraja Utara sementara merampungkan Daftar Urutan Kepangkatan (DUK) PNS se kabupaten Toraja Utara.

”Dari situ (DUK-red) kita bisa tahu berapa jumlah PNS yang berusia di atas 50 tahun, berapa yang akan pensiun, dan berapa yang diperpanjang,” jelas Joni.

Lebih lanjut dikatakan, menurut aturan PNS yang baru, usia pensiun PNS adalah 56 tahun. Namun untuk pejabat setingkat eselon II masih bisa diperpanjang sesuai kebutuhan. ”Kalau ada pejabat eselon II yang tenaganya masih dibutuhkan negara, bisa diperpanjang. Itu dilihat dari kebutuhan daerah dan keahlian yang dimiliki pejabat yang bersangkutan,” jelasnya. (anton)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar