SELAMAT DATANG DI TORAJA___Partner Bisnis Anda Adalah SKM KAREBA

Selasa, 15 Maret 2011

Biaya Pelantikan SOBAT Rp 300 Juta

Meski jadwal pelantikan pasangan calon bupati dan wakil bupati Toraja Utara terpilih belum jelas, namun panitia pelantikan sudah mulai mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelantikan itu. Bahkan panitia sudah menyiapkan dana sebesar Rp 300 juta yang diambil dari APBD Toraja Utara tahun 2011 untuk kebutuhan pelantikan.

Biaya itu akan digunakan untuk undangan, konsumsi, dan panggung khusus yang dibuat di Lapangan Kodim 1414 Rantepao, serta kebutuhan lainnya.

Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Toraja Utara, Firdaus Rin Bata yang dikonfirmasi kemarin, menyatakan pemerintah kabupaten Toraja Utara sudah menganggarkan biaya pelantikan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Toraja Utara tahun 2011.

”Biaya pelantikan bupati dan wakil bupati Toraja Utara sekitar Rp 300 juta. Itu berasal dari APBD tahun 2011,” ujar Firdaus.

Ditanya soal rincian penggunaan anggaran Rp 300 juta itu, Firdaus menyarankan untuk bertanya ke sekretariat panitia pelantikan. ”Kalau itu sekretariat yang lebih tahu,” katanya.

Sementara itu, sekretaris panitia pelantikan, yang juga Asisten III Sekab Toraja Utara, Marthen Metukka menyatakan, meski jadwal pelantikan belum jelas, namun saat pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelantikan. Salah satunya adalah pembangunan panggung raksasa yang akan digunakan sebagai tempat rapat paripurna istimewah DPRD Toraja Utara dengan agenda pelantikan dan pengambilan sumpah bupati dan wakil bupati.

”Kita sedang persiapkan semua hal yang berkaitan dengan pelantikan, termasuk pembuatan panggung utama di lapangan Kodim,” jelas Marthen.

Dikatakan Marthen, luas panggung utama yang akan digunakan sebagai tempat rapat paripurna istimewah adalah 24 x 36 meter per segi. Panitia juga akan menyiapakan tenda untuk tamu, undangan, kepala SKPD dan camat, serta tokoh-tokoh masyarakat yang menghadiri acara pelantikan.

”Ada dua bagian panggung yang akan kita gunakan nanti, satu panggung utama untuk rapat paripurna istimewah, yang satunya lagi untuk tamu dan undangan. Kita juga menyiapkan tenda-tenda untuk masyarakat,” urai Marthen.

Menurut Marthen, panitia melibatkan semua SKPD serta camat dan lurah se Toraja Utara untuk ikut serta memberikan sumbangsih pada acara pelantikan bupati dan wakil bupati devinitif di kabupaten pecahan Tana Toraja itu.

”Ya semua SKPD dan camat kita libatkan, terutama dalam hal mobilisasi tokoh-tokoh masyarakat ke tempat pelantikan,” katanya. (raul cavarelas)

1 komentar: